Header :

Rabu, 28 April 2010

Pengumuman tingkat kelulusan SMA tahun 2010

Pengumuman tingkat kelulusan SMA tahun 2010 ini mengalami peningkatan dibanding pada tahun lalu di mana hal ini terlihat dari presentase yang menurun pada pengulangan ujian nasional khususnya untuk tingkat menengah atas seperti SMA dan Madrasah Aliyah ( MA ).
Presentase jumlah siswa menengah atas yang harus mengulang pada tahun 2010 ini berkurang hingga 1 persen lebih dibanding dengan tahun 2009 lalu. Seperti misalnya untuk pengumuman kelulusan di kota Banjarbaru Kalimantan Selatan berikut ini berdasarkan dari sumber Bpost.
Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas), M Sidiq mengatakan, prosentasi kelulusan Ujian Nasional (UN) SMP dan MTs tahun ini adalah 97,72 persen dari jumlah siswa peserta UN keseluruan 2.369 orang.
“Secara total keseluruhan prosentase kelulusan SMP dan MTs di Kota Banjarbaru meningkat dari tahun lalu. Meskipun peningkatannya tidak terlalu signifikan,” kata Sidiq.
Dengan prosentase tersebut maka masih ada sebanyak 54 orang siswa yang tidak lulus. Namun dari jumlah tersebut beberapa di antaranya, tidak lulus karena yang bersangkutan sengaja tidak ikut karena pindah dan berhenti.
Tahun lalu, prosentase kelulusan UN tingkat SMP dan MTs di Kota Idaman adalah 97,58 persen dari jumlah peserta keseluruhan 2.163 orang.
Raihan prosentase kelulusan yang diperoleh Banjarbaru tersebut kata Sidiq tercatat sebagai urutan keempat se Kalsel. Sedangkan untuk rata-rata nilai tertingginya, Kota Pendidikan ini hanya mampu bertengger di urutan ketiga.
Sebagaimana diketahui, Sidiq dalam beberapa kali kesempatan melontarkan angan-angan bahwa tingkat kelulusan UN SMP tahun ini meningkat tajam. Tidak tanggung-tanggung kelulusan yang diharapkan 100 persen.
Berbeda dengan pengumuman kelulusan UN SMA, SMK dan MTs yang lalu, kali ini Disdik Banjarbaru agak pelit dengan data. Dengan alasan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi kekacauan, maka data tidak dibeberkan ke media.
“Kami tidak ingin pemberitaan kelulusan di media justru akan membuat suasana kacau. Bisa saja demikian karena tidak terima dinyatakan tidak lulus yang bersangkutan menyiapkan hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Sidiq.
Selain itu kata Sidiq, pengumuman disepakati tidak lagi dibeberkan ke media terlebih dahulu atas dasar himbauan dari Disdik Provinsi dan Wali Kota. Di Banjarbaru, disepakati pengumuman dengan memanggil orangtua siswa dan dimulai pukul 10.00 Wita.
Dalam kesempatan ini, Sidiq mengimbau kepada sekolah untuk kembali mengingatkan siswa-siswinya agar tidak melakukan aksi corat-coret dan konvoi. Karena itu disarankan, amplop pengumuman dibuka di rumah masing-masing.
“Untuk mengantisipasi agar tidak ada konvoi kita telah berkordinasi dengan pihak Kepolisian untuk menilang mereka yang tidak memiliki surat-surat menyurat lengkap,” tandasnya.

http://handokotantra.net/pengumuman-kelulusan-sma-tahun-2010.html

0 komentar:

Posting Komentar